wisata pangandaran

Bersantai di Pantai Pangandaaran

Pantai Pangandaran biasa disebut oleh warga sekitar dan wisatawan sebagai kota nelayan kecil, sanggup memikat hati wisatawan dengan daya tarik pasir pantai warnanya hitam putih juga panorama matahari terbenam dan matahari terbit yang mempesona. Lalu lalang kaum nelayan yang datang dan pergi berusaha menemukan ikan menjadikan pantai ini terkesan benar-benar “hidup”, laksana suatu pulau kecil yang menghadirkan kedamaian untuk bersantai.

Pantai Pangandaran letaknya ada diantara Yogyakarta dan Bandung, memiliki jarak kira-kira 225 km dari kota Bandung alias 401 km jika ditempuh dari Jakarta. Warga sekitar pantai ini mayoritas memiliki mata pencaharian jadi nelayan, diantara mereka terbilang terjalin rasa toleransi dan sifat gotong royong yang besar.

Kalian bisa melihat hal ini saat sore hari ketika nelayan pulang melaut mengangkut ikan, tampak hampir setiap penduduk nelayan beramai-ramai membantu membawa-bawa ikan tangkapan itu ke pinggir pantai. Sifat gotong-royong ini tetap terjaga sampai sekarang, suatu hal yang amat bertolak belakang dengan perilaku warga perkotaan yang biasanya acuh tak acuh pada kondisi sekitar.

Sejumlah aktivitas yang mengasyikan di kawasan wisata Pantai pangandaran ialah berkeliling pantai dengan berjalan kaki. Ada sensasi tersendiri bila Kalian menginjakkan kaki di pasir pantai sambil menyaksikan panorama sekeliling dan menikmati suasana yang ada di sana dengan bersantai berbaring di pasir.

Kalian pun bisa menyewa sepeda tuk berkeliling pantai. Di wilayah pantai, ada banyak persewaan pilihan-pilihan jenis sepeda dari ukuran sepeda BMX sampai sepeda tandem yang bisa dinaiki 2 orang. Disamping itu, aktivitas wisata populer lain di Pantai Pangandaran ini adalah renang, naik pesiar, mancing, sampai para sailing, dan naik jetski. Jika Kalian sudah puas dan ingin balik ke hotel maupun tempat menginap, becak-becak di sana telah siap mengantarkan Kalian kembali ke penginapan.

Untuk bisa masuk, Kalian bisa membayar karcis masuk kawasan Pantai Pangandaran dengan harga: Bus Rp 115.000, mobil pribadi dari Rp 30.000 sampai Rp 40.000, sepeda motor Rp 10.000, dan pejalan kaki Rp 5.000 per kepala.

Spot Menarik di Pantai Pangandaran

Dari beberapa lokasi menarik di Pantai Pangandaran, ada beberapa lokasi favorit yang tersohor di kalangan pecinta travel. Secara umum, terbagi di bagian barat dan timur dari Pantai Pangandaran.

Pantai Pananjung

Pantai Pananjung merupakan bagian dari Pantai Pangandaran yang letaknya ada di arah barat. Pantai Pananjung ini dijadikan sebagai tujuan favorit bagi banyak sekali keluarga untuk menghabiskan saat liburannya dengan bersantai. Pantai Pananjung mengandung ombak yang lumayan damai sehingga bagi yang gemar berenang, lokasi ini sangat aman.

Kedatangan wisatawan melulu ramai terlebih lagi saat libur Lebaran di Pantai Pananjung. Aktivitas berjalan-jalan dan berjemur sembari menikmati panorama pantai pun cukup mengasyikan di Pantai Pananjung. Bila Kalian melihat pandangan di sekitar pantai, Kalian akan melihat hutan di perbukitan yang merupakan sebuah daerah cagar alam. Di hutan itu, ada sejumlah hewan yang dilindungi semacam monyet, rusa, juga hewan-hewan istimewa lainnya.

Di daerah hutan ada beberapa goa yang tercipta akibat proses alam, pun ada goa karya manusia. Goa buatan ini katanya dibangun oleh armada Jepang dan dimanfaatkan sebagai bunker kala Perang Dunia II.

Pantai Barat

Satu hal yang unik, di atas bukit pun ada air terjun yang eksotis. Tuk dapat sampai di lokasi air terjun ini, Kamu harus menempuhnya dengan menaiki bukit dan jalan kaki. Di sepanjang perjalanan naik bukit tersebut, Kalian akan disuguhi panorama yang mempesona maka tidak heran bila rasa kelelahan saat menanjak sangat tak terasa.

Pantai Timur

Pantai Timur pun tergolong bagian dari Pantai Pangandaran. Tidak sedikit orang mengatakan pantai ini sebagai surganya para “Penggila Seafood”.

Di sana ada banyak cafe-cafe atau resto yang menonjolkan olahan kuliner hasil laut, semacam udang, ikan-ikan segar, kepiting, cumi, dan yang lainnya. Aneka kuliner seafood ini terpampang di etalase resto, sangat menggoda selera tuk menikmatinya sambil bersantai menikmati semilir angin dari suasana pantai pangandaran.

Kepada bagian selatan dari Pantai Timur ini, Kalian bisa mengunjungi pasar ikan segar yang menjual ikan-ikan buruan nelayan dan terbilang fresh dari laut. Disamping itu, di Pantai Timur Pangandaran pun ada lokasi menarik tuk naik banana boat.

Tempat Belanja Souvenir

Jika mau membeli souvenir alias oleh-oleh khas Pantai Pangandaran, di daerah kawasan pantai ada sejumlah outlet souvenir. Seluruh aksesoris khas Pantai Pangandaran bisa Kalian temukan di sana, diawali dari T-shirt, gelang, celana pendek, ataupun berbagai jenis baju renang.

Tuk penggemar pernak-pernik, disediakan juga bermacam-macam kerajinan laut semacam miniatur papan surfing, atau kalung dari kerang laut, juga beraneka macam olahan kreatif yang lain. Tak hanya souvenir saja, pun terdapat beberapa toko yang khas menjual ikan asin khas Pangandaran. Ikan asin ini ngetop dengan julukan “Jambal Roti”.

Hotel di Pantai Pangandaran

Jika Kalian ingin bermalam di kawasan Pantai Pangandaran, disediakan sejumlah hotel yang bisa Kalian pilih. Beberapa hotel di Pantai Pangandaran yang terkenal, antara lain Sun In Pangandaran Hotel, The Arnawa Hotel, serta Pondok Wulan Guesthouse.

Kalian dapat mencari hotel di dekat Pantai Pangandaran dengan membuka browser dan memesannya secara online agar memastikan tersedianya kamar.

Rute Perjalanan ke Pantai Pangandaran

Jika Kalian pergi dari Jakarta ke Pantai Pangandaran, ada dua alternatif transportasi, yaitu lewat jalur udara dan jalur darat. Bila naik bus, Kalian bisa berangkat dari terminal Kampung Rambutan destinasi daerah Pangandaran. Umumnya bus diberangkatkan tiap 1 jam sekali. Perjalanan naik bus dikenai tarif sekitar Rp 70.000 ekonomi dan Rp 95.000 eksekutif.

Tarif mungkin tak sama, ditentukan kebijakan dari agency bus. Perjalanan bisa membutuhkan waktu kira-kira 6 jam sampai 8 jam. Tapi perlu diketahui, bus itu tak semuanya langsung membawa Kalian ke Pangandaran. Ada beberapa yang hanya ke Tasikmalaya, Ciamis, hingga Banjar. Jika Kalian pergi berombongan, disarankan sewa bus pariwisata.

Jika mau lebih praktis dan tak memakan tidak sedikit waktu, Kalian bisa naik angkutan udara. Di Jakarta, terdapat sejumlah maskapai yang memberikan penerbangan dari Bandara Halim Perdana Kusuma secara tujuan Bandara Nusawiru Pangandaran.

Sedangkan bila Kalian berangkat dari Bandung ke Pantai Pangandaran, Kalian dapat pergi dari Terminal Bus Cicaheum. Beberapa bus langsung membawa Kalian ke Pangandaran, tapi sebagian lainnya cuma sampai di Ciamis dan Banjar. Dari dua tempat itu, Kalian bisa menaiki kendaraan lain yang akan mengantar Kalian ke Pangandaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.