Ke Cirebon? Datangi Tempat Pariwisata Ini

Jika kalian suka mudik ke wilayah Pulau Jawa pastinya kalian melintasi Jalur Pantura yang ada di kawasan pariwisata Cirebon. Disamping sebagai jalur pilihan mudik, rupanya Cirebon pun memiliki beragam macam kerajinan, satu diantaranya yang telah terkenal ialah Batik. Bisa dikatakan jika Cirebon adalah sentra batik paling besar di Pulau Jawa. Tidak cuma kota jakarta yang tersohor dengan Pariwisata Pulau Seribunya, rupanya kota Cirebon pun memiliki sangat banyak objek pariwisata alam yang amat luar biasa.

Kota Cirebon masih ada di wilayah Jawa Barat hingga wajar bila udara di kota itu cukup sejuk. Sangat banyak potensi tempat pariwisata alam yang ada di Cirebon yang dapat kalian kunjungi sewaktu waktu akhir pekan maupun disaat libur panjang. Kini admin akan memberi tempat pariwisata yang amat istimewa di kota Cirebon, bolehlah disimak.

Wisata Cirebon

  1. Situ Sedong: Situ Sedong adalah satu waduk yang ada di Kecamatan Sedong. Tidak cuma itu, objek pariwisata ini acapkali dikunjungi banyak sekali orang khususnya saat akhir pekan. Kalian dapat bersantai di tepian waduk ini. Tidak cuma itu, kalian pula bisa mengeksplor Situ Sedong memakai bebek air. Panorama di Situ Sedong pun amat indah, pastinya lengkap dengan beragam pohon-pohonan yang rindang hingga membuat suasana jadi lebih teduh.
  2. Desa Wisata Cikalahang: Desa itu punya banyak sekali pohon-pohonan hijau yang menjulang tinggi. Tidak cuma itu, panorama di sekitar jalanan desa itu juga amat indah. Kalian boleh main dengan bebek air di sekitar danau yang berada didalam desa pariwisata ini. Bila perut kalian rasanya lapar so kalian tidak usah khawatir, sebab di desa ini ada banyak sekali restoran atau rumah makan yang menyuguhkan menu kuliner yang amat lezat.
  3. Taman Ade Irma Suryani Nasution: Taman seperti ini adalah taman rekreasi paling besar di Cirebon. Taman pariwisata ini memang kerapkali ditempuh banyak wisatawan lantaran didalamnya ada bonbin mini dan taman bermain. Tidak cuma itu, kalian pun bisa menikmati indahnya pantai yang ada di wilayah taman rekreasi itu. Objek pariwisata ini bisa kalian datangi bareng keluarga pada akhir minggu maupun liburan sekolah.
  4. Wanawisata Ciwaringin: Bila kalian lagi berlibur di Cirebon, jangan luput singgah ke hutan pariwisata yang alamnya begitu indah dan dikelilingi banyak pohon-pohon kayu putih. Dimana lagi bila bukan Wanawisata Ciwaringin. Disamping menjadi tempat pariwisata hutan, untuk kalian pecinta motocross juga ditawarkan arenannya di area ini. Lokasinya berada di Desa Ciwaringin, memiliki jarak 17km dari Kota Sumber. Bukanlah hanya panorama hutan yang warnanya hijau alami, tapi kalian juga dapat menikmati cantiknya air di danau Ciranca. Jadi, bagi kalian yang menyukai berpetualang serta menikmati panorama alam, Wanawisata Ciwaringin itu sangat cocok tuk kalian datangi.
  5. Keraton Kasepuhan Cirebon: Setelah bosan menjelajah di hutan wisata Ciwaringin, kalian barangkali beristirahat serta menikmati keindahan design interior Keraton Kasepuhan. Keraton itu ialah keraton terbesar, terbaik, serta paling dijaga di Cirebon. Arsitektur di tiap sudut konstruksi bersejarah ini pula mengandung makna-makna unik. Laman depan bangunannya dilingkupi tembok bata merah yang begitu khas dan ada pendopo didalamnya. Dulu, Keraton Kasepuhan Cierbon itu ialah kerajaan Islam area bertahtanya kaum pendiri Cirebon. Dan disanalah letak sentra pemerintahan Kesultanan Cirebon berlokasi. Keraton itu lengkap dengan museum yang isinya benda-benda pusaka serta lukisan koleksi kerajaan. Koleksi yang sangat unik di tempat tersebut ialah kencana Sunan Gunung Jati yang dipublikasikan setiap 1 Syawal tuk dimandikan.
  6. Keraton Kanoman : Tidak cuma Keraton Kasepuhan, Cirebon pun disimpan Keraton Kanoman. Keraton itu adalah Kesultanan Cirebon yang ada masa 1678. Kesultanan Cirebon itu terhimpun dari Keraton Kasepuhan untuk pemimpin serta Keraton Kanoman jadi wakilnya. Keraton Kanoman itu dibangun oleh Pangeran Mohamad Badridin alias Pangeran Kertawijaya. Tradisi-tradisi semacam Grebeg Syawal juga masih rutin dilaksanakan 1 mingu sehabis Idul Fitri.
  7. Masjid Agung Sang Cipta Rasa: Nah, bila kalian berkunjung ke Keraton Kanoman, jangan luput berkunjung ke Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang lokasinya masih didalam komplek Keraton Kanoman. Dikisahkan, tuk mendirikan masjid ini diperlukan kira-kira lima ratus orang yang diimpor dari Majapahit, Demak serta kawasan Cirebon. Yang Khusus dari Masjid Agung itu ialah atapnya yang mempunyai kemuncak atap seperti masjid-masjid lainnya yang terdapat di Pulau Jawa. Masjid itu terdiri dari ruangan, yakni beranda beserta ruang utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.