Baturaden Banyumas

Lokasi Paling Populer di Baturaden Banyumas

Daya tarik wisata Baturaden di Banyumas, Jateng populer sebagai obyek wisata alam yang istimewa tuk dikunjungi. Obyek wisata Baturaden letaknya ada tepat di kaki Gunung Slamet, satu gunung yang paling tinggi di Jateng. Hal ini memungkinkan kondisi hawa di kawasan wisata Baturaden jadi amat sejuk, cenderung akan jadi dingin saat malam tiba di sana.

Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah, obyek wisata Baturaden sangat populer di banyak kalangan pecinta travel sebagai satu dari beberapa obyek wisata di Jateng yang paling favorit di kalangan mereka.

Ketika Kalian berada di obyek wisata Baturaden, Kalian bisa menikmati kota Purwokerto dari ketinggian, pun Pulau Nusa Kambangan dan beberapa pantai berpanorama indah di Cilacap. Tak hanya itu, Kalian bisa mengunjungi banyak obyek wisata Baturaden yang menarik, antara lain mulai dari Pancuran Pitu, Taman Bitanin, Wana Wisata, sampai Teater Alam Baturaden.

Taman Bitanin di Baturaden tak lain dan tak bukan ialah merupakan taman yang mempunyai sejumlah tanaman yang bisa dikatakan langka, semacam bunga Havana, Antarium Lipstick, Daun Dewa, Palem Paris, juga Widoro Laut.

Pernahkan Kalian dengar legenda rakyat didalam kisah Lutung Kasarung yang populer itu? Legenda Lutung Kasarung merupakan cerita rakyat yang diangkat dari keadaan tempat di Baturaden. Inilah mengapa legenda Lutung Kasarung jadi bagian yang tidak terpisahkan dari profil obyek wisata Baturaden.

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Di obyek wisata Baturaden juga ada tempat pemandian air hangat, barangkali ini sesuatu yang Kalian ingin kunjungi. Kalian bisa mengunjungi Pancuran Pitu tuk menikmati air hangat Baturaden. Suhu air di Pancuran Pitu ini sekitar 50 derajat Celcius sampai 69 derajat Celcius. Mandi air hangat di Baturaden dipercaya mampu mengobati penyakit lewat terapi air hangat yang terdapat di sana.

Tuk keperluan terapi penyembuhan, Kalian bisa mengunjungi Pancuran Telu yang terletak di obyek wisata Baturaden itu sendiri. Jika Kalian adalah warga Jakarta, Kalian mungkin bisa menemukan lokasi pemandian air hangat di Bogor atau bisa saja di Bandung.

Wana Wisata Baturaden

Disamping pemandian air hangat di Baturaden, Kalian bisa mengunjungi lokasi perkemahan. Bila Kalian ingin bermalam di Baturaden, Kalian bisa mendirikan tenda di Wana Wisata itu.

Wana Wisata Baturaden adalah hutan alam yang amat tepat tuk dijadikan lokasi berkemah bersama dengan keluarga atau kerabat dekat. Lokasi Wana Wisata ini memiliki jarak kira-kira 2 km dari gerbang masuk Baturaden. Jarak ini tidak jauh meskipun ditempuh dengan jalan kaki.

Telaga Sunyi

Jika Kalian ingin melihat suatu kolam sumber air murni yang berada di obyek wisata Baturaden, Kalian bisa berkunjung ke Telaga Sunyi.

Taman Kaloka Widya Mandala

Kalian mungkin akan berminat tuk datang ke Taman Kaloka Widya Mandala. Taman ini merupakan bonbin di Baturaden. Ada sebuah museum disana yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan kerangka satwa khas Indonesia.

Jika Kalian melaksanakan travel wisata ke Baturaden secara rombongan, maka taman ini bakal jadi pengalaman wisata yang mengasyikan.

Grebeg Syura

Bila Kalian ingin mengenal wisata budaya yang diselenggarakan di obyek wisata Baturaden ini, maka cobalah berwisata di bulan pertama dalam kalender tahun Islam. Kalian akan bisa menyaksikan Grebeg Syura, suatu acara yang sudah menjadi tradisi warga setempat.

Juga, terdapat pertunjukan musik Calung, pertunjukan Kuda Lumping yang beraroma mistis, tari tradisional Lengger, juga kegiatan berkunjung ke situs-situs suci, lazimnya ialah kuburan yang digosipkan juga menjadi kenduren oleh warga di sana. Inilah satu dari banyak pesona obyek wisata di Jateng.

Teater Alam Baturaden

Di obyek wisata Baturaden, Kalian bisa menikmati keadaan menonton yang unik. Di sebuah teater yang bisa disebut sebagai pesawat terbang tipe Foxer 28 kepunyaan Garuda Indonesia Airways, Kalian bisa menonton tayangan-tayangan film dengan pengalaman seperti sedang naik pesawat. Pesawat ini berdiri pas di samping gerbang masuk Baturaden.

Tayangan film-film itu sarat dari potensi pariwisata di Banyumas juga kekayaan alam dan kebudayaan Indonesia. Pun ada tayangan muatan lokal untuk pelajar sekolah. Biasanya, setiap tayangan film memiliki durasi kira-kira 10 menit sampai 15 menit per sesinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.