Masih Muda Gan? Coba Nikmati Kuliner Ini Sebelum Tua

Jika ada list hal-hal yang cukup sulit dilaksanakan dalam hidup, pilih makanan sangat enak di Indonesia tentu satu halnya. Indonesia punya kekayaan kuliner yang amat berlimpah, dengan cita rasa serta kelezatan yang punya keunikan masing-masing. Kini kami membuat list 10 kuliner terenak di Indonesia yang harus kamu cicipi saat masih berusia muda.

Sate Maranggi Purwakarta

Sate yang dibikin dari daging kambing ataupun sapi ini kerap ditemukan di kawasan Purwakarta, Cianjur juga Bandung. Bedanya Sate Maranggi dengan sate Madura ialah bumbunya yang dibuat dari kecap, cabe hijau, cuka, lalu sedikit pucuk kecombrang. Kecombrang itulah yang memberikan aroma serta rasa semacam mentol yang khas. Disantap bareng nasi panas juga sambal tomat yang hot, Sate Maranggi terasa sangat nikmat.

Klappertart Manado

Kudapan manis khas Manado memakai bahan utama kelapa muda, susu, margarin dan telur yang dicampur terigu. Resep asli asalnya dari warga Belanda yang dahulu bermukim di kota Manado. Klappertart tersebut ada dua versi, yaitu dipanggang menggunakan roti dan tidak dipanggang serta teksturnya lembut identik custard dan lumer di mulut. Dua-duanya merupakan panganan yang mantap, dengan manis lembutnya perpaduan gula telur berpadu gurihnya kelapa muda. Toping kismis diatasnya menambah citarasa mantap.

Asinan Betawi

Sesuai namanya, Asinan merupakan kudapan khas Betawi yang sarat campuran sayur diasinkan alias dibuat acar. Sayuran yang dipakai berupa kol, toge, timun, sayur asin, lengkap dengan kacang tanah goreng juga tahu putih. Sausnya saus kacang pekat yang terasa asam, manis, pedas juga gurih. Rasanya sangat segar dan mantap saat dimakan dingin-dingin, bareng kerupuk merah kuning.

Coto Makassar

Sajian ala Makassar ini adalah soto dengan kuah pekat, dan terdiri dari potongan jeroan dan daging sapi. Keistimewaan Coto Makassar ialah bumbu kacang sangrai yang dihalus, dan penyajiannya dengan sambal tauco. Rasa coto gurih dan nikmat ini sangat hangat mengisi perut, apalagi bila dimakan bersama buras.

Mie Belitung

Mie Belitung ialah mi kuning yang diguyur kuah udang lalu ditaburi bala udang, potongan mentimun, udang rebus, potongan kentang rebus, emping dan tauge ini amat khas rasanya sebab jarang ada di kota yang lain. Kunci kenikmatan Mie Belitung terdapat di kuahnya. Kuahnya dibuat dari kaldu udang ditambahi bumbu lain. Kuah mie yang warnanya kecoklatan sebagaimana gula aren rasanya manis gurih campuran dari hasil kuah rebusan udang serta gula aren dan bumbu merica, laos hingga daun salam. Kuahnya kental juga segar cocok tuk makan siang.

Papeda Papua

Papeda ialah makanan khas yang kerap ditemukan di Papua serta Maluku. Hidangan ini dibuat dari tepung sagu juga bertekstur lengket sebagaimana lem. Papeda tak bisa dipisahkan dengan suguhan pendampingnya, yakni kuah kuning serta ikan bakar ataupun goreng. Ikan yang dibuat pendamping kuah kuning normalnya ikan tongkol dan ikan mubara lalu dibumbui kunyit serta jeruk nipis.

Tinutuan Manado

Tinutuan atau disebut Bubur Manado ini ialah makanan sehat berupa bubur nasi dicampur ikan teri goreng serta berbagai sayuran. Jenis sayuran yang digunakan menjadi bahan bubur ini ialah labu kuning, singkong, daun melinjo, ubi kuning, kangkung, jagung, kemangi, bayam, dan gedi. Ada pun bumbu-bumbu yang dipadukan didalamnya ialah bawang putih, batang sereh yang dimemarkan, jahe, garam, daun salam, dan lainnya. Tuk memakannya, campur sambal dan ikan teri. Nikmat pedas gurih!

Kapurung Makassar

Kota Makassar tak hanya menyediakan kenikmatan coto. Kapurung ialah sebuah kuliner yang patut kamu cicipi di sana. Kuliner ini serupa sup punya ciri khas yakni bola-bola sagu yang terdapat di dalamnya. Disamping itu, ada pula sayuran dan seafood, semisal udang, kerang, ikan tongkol, cumi, dan ikan tuna yang dicampur. Santapan ini menggunakan asam papikala, yang persis honje ataupun kecombrang yang memunculkan aroma khas. Kapurung nikmat juga enak disantap selagi panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.