Profil Tim Liga Spanyol Deportivo Alaves

Profil Tim Liga Spanyol Deportivo Alaves

Deportivo Alaves, S.A.D., biasanya disingkat Alaves, adalah sebuah klub sepak bola Spanyol yang berbasis di Vitoria-Gasteiz, Álava, dalam komunitas otonom dari Basque Country. Didirikan pada tahun 1921 yang dimainkannya dalam Segunda División, memegang pertandingan kandangnya di 19.800-seater Estadio Mendizorrotza.

Keberhasilan terbesar adalah pada tahun 2001 ketika, pada tahun debutnya di kompetisi Eropa, itu adalah salah satu finalis pada tahun 2001 final Piala UEFA melawan Liverpool, yang dikalahkan 5-4 oleh gol emas.

kit rumah tim adalah kemeja biru dan putih bergaris-garis, celana pendek biru dan kaus kaki putih.

Deportivo de La Coruña vs Deportivo Alaves

Didirikan pada tahun 1921, Alaves pertama mencapai La Liga delapan tahun kemudian, tugas yang akan berlangsung tiga tahun. Tahun 50-an itu akan mencapai Primera División lagi.

Setelah bertahun-tahun serius menghadapi hilangnya, yang pergi baik ke tahun 90-an, klub akhirnya mencapai promosi Segunda División di 1994-1995 setelah dua tahun berturut-turut memenangkan Segunda División B – diciptakan sebagai tingkat ketiga baru pada tahun 1977 – tapi secara konsisten gagal dalam promosi play-off.

Pada tahun 1998-99 Alaves kembali ke tingkat atas setelah absen 42 tahun, mencapai dua kemenangan melawan Barcelona di musim berikutnya, di mana mereka akan, untuk pertama kalinya, lolos ke Piala UEFA, mengakhiri musim keenam.

Dalam 2000-01 klub Basque mencapai final Piala UEFA, kerugian 4-5 melawan Liverpool (mengambil permainan ke waktu ekstra, dan kehilangan menyusul gol emas sendiri), [1] serta menyelesaikan kesepuluh dalam negeri kampanye.

Meskipun Alaves terdegradasi setelah 2002-03, mereka kembali status penerbangan atas dua tahun kemudian. Saat ini, Alaves dibeli oleh Dmitry Pietrman, seorang pengusaha Ukraina-Amerika, dan beberapa bentrokan terjadi dengan pelatih klub, pemain [2] dan fans. [3] Pietrman meninggalkan tahun 2007 dan setelah dua tahun berjuang dengan degradasi ke tingkat ketiga, klub tenggelam dalam utang akhirnya menimpa pada 2008-09.

Periode hitam ini berlangsung empat tahun sampai akhirnya dipromosikan lagi ke divisi dua pada 2013 dan bisa memilah ekonomi yang sulit. Tiga tahun kemudian, pada tanggal 29 Mei 2016, Alaves dipromosikan ke La Liga setelah mengalahkan CD Numancia 2-0.